30 Mayam Berapa Gram



    30 Mayam Berapa Gram - Emas Perhiasan memang menjadi sesuatu yang penting untuk masyarakat Indonesia khususnya di daerah. Aceh sebagai salah satu Provinsi di bagian barat Indonesia sering menjadikan emas perhiasan sebagai simbol Kehormatan dari keluarga.. 




    Jika kita berbicara tentang emas Aceh tidak lepas dari satuan Mayam . Apa itu Mayam ? 30 mayam itu berapa gram ?

    Tidak hanya Aceh , yang mengenal satuan mayam juga daerah Bugis.Seringkali ketika acara pernikahan sebagai mahar akan diberikan berupa emas perhiasan ditakar dengan hitungan Mayam. 


    Mayam sendiri adalah satuan berat untuk menghitung berat dari emas. Selain gram yang biasanya kita kenal. 30 mayam itu berapa gram. Cara menghitung Emas kadar 375


    Dalam tradisi Aceh semakin tinggi derajat seorang mempelai wanita maka semakin tinggi pula mayam yang harus disiapkan seorang mempelai lelaki.


    Apa itu Mayam Emas? 


    Mayam merupakan sebuah satuan berat seperti gram yang ada di masyarakat Aceh. Mayam sering digunakan masyarakat Aceh untuk Acara Adat khususnya mahar di dalam pernikahan. 

    Mahar disiapkan khusus mempelai lelaki untuk meminang mempelai wanita.1 Mayam berapa Emas.


    Filosofi Mayam


    Aceh sebagai kota Serambi Mekah merupakan salah satu kota yang berpegang teguh pada Prinsip Syariah. Sangat berpegang teguh pada Alquran dan Tradisi pada Islam. Hukum ngon adat lage zat ngon sifeut yang berarti hukum dan adat seperti zat dan sifat yang keduanya tidak dapat dipisahkan. 


    Aceh memiliki pandangan terhadap Mahar yang berupa emas dalam satuan Mayam.
    Dalam Tradisi ini , Proses pernikahan akan diawali terlebih dahulu dengan pertunangan. Pihak mempelai laki-laki akan mengirim perwakilan . 


    Jika disetujui oleh keluarga mempelai wanita akan dilanjutkan proses pertunangan/ peminangan dengan membawa oleh oleh dan membawa emas perhiasan dalam takaran mayam.
    Filosofi mayam dalam adat pernikahan Aceh memiliki nilai 
    Sebagai symbol dari kesungguhan si calon mempelai pria. Sekalipun si calon pria tidak dari keluarga yang berada, jika si calon pria tersebut benar-benar cinta kepada calon mempelai wanita suku Aceh pastinya ia akan mengusahakan dan menyanggupinya dengan sepunuh hati agar wanita tersebut dapat dinikahinnya.

     

    Masing- masing Etnis Aceh pun memilki adat yang berbeda beda dalam setiap penentuan maharnya. Misalnya Etnis Anuek Jame besaran mahar yang diberikan sebesar 3 - 7 Mayam. Sementara Etnis yang berasal dari Pidie , mempelai laki laki harus mempersiapkan bahkan sampai dengan puluhan mayam. 


    Kebiasaan di Aceh juga sering memiliki kebiasaan bahwa mahar anak perempuan akan lebih tinggi daripada mahar sang ibu sebelumnya. Jadi misalnya dahuku sang ibu itu mahar berupa 5 mayam maka mayam sang anak perempuan akan lebih daripada mahar ibu jadi 6 -7 mayam. 


    Memang tidak ada kesepakatan khusus berapa mayam yang harus diberikan, dan memang tidak ada aturannya. Kebiasaan pemberian mahar kepada wanita yang akan dinikahi di Aceh berkisar 3 -30 mayam . Hal ini ditentukan oleh banyak faktor seperti kecantikan, pendidikan, keturunan dan kesepakatan bersama.   


    1 Mayam Emas Berapa Gram ?


    Jadi setelah kita mengetahui Mayam adalah satuan berat seperti gram tapi khusus untuk Emas dan digunakan oleh Masyarakat Aceh lantas 1 Mayam Emas berapa gram ? 

    Berdasarkan informasi dari buku Jihad Keluarga: Membina Rumah Tangga Sukses Dunia Akhirat karangan A. Fatih Syuhud, 1 mayam setara dengan 3,3 gram.
    Dan untuk informasinya nilai mahar paling rendah di masyarakat Aceh kurang lebih sekitar 10 mayam emas.

    Jadi Dapat kita ketahui bahwa 1 Mayam Emas adalah 3,3 gram 

    Emas 1 Mayam Berapa Gram ?


    Jadi setelah kita mengetahui Mayam sebagai satuan hitungan berat emas yang sering digunakan oleh masyarakat Aceh. Mayam berapa gram. Emas 1 Mayam senilai dengan 3,3 gram emas. 

    30 Mayam Berapa Gram ?


    Jadi setelah kita mengetahui 1 Mayam senilai dengan 3,3 gram emas 
    maka dengan perhitungan 30 Mayam hampir setara dengan 100 Gram emas.

    1 Gram Berapa Mayam 


    Jadi setelah kita mengetahui 1 Mayam senilai dengan 3,3 gram emas maka dapat kita perhitungkan 
    1 Mayam = 3,3 grm
    1 Gram = 0,3 Mayam

    1 Mayam brp Gram


    Jadi setelah kita mengetahui Mayam sebagai satuan hitungan berat emas yang sering digunakan oleh masyarakat Aceh. Emas 1 Mayam senilai dengan 3,3 gram emas. 

    1 Mayam berapa juta 


    Jadi 1 Mayam senilai dengan 3,3 Gram emas 
    Jika kita mengenal emas perhiasan yang ada di Aceh kebanyakan memiliki Kadar yang Tua . 

    Harga emas 1 Mayam


    Biasa Emas Aceh Memiliki kadar 87 - 91,6 Persen .
    Harga Rata rata emas aceh adalah Rp 900.000 - Rp 1.100.000 rupiah
    Maka dapat kita Ratakan misalnya Rp 1.000.000 maka

    1 Mayam senilai Rp 2.70.000 - Rp 3.300.000 rupiah per gram

    30 Mayam itu berapa gram, jadi buat kamu yang mau jual 1 mayam emas, Harga emas 1 Mayam , jual emas tanpa surat, jual emas logam mulia, jual emas ubs, jual beli emas, jual emas antam. kamu bisa hubungi kami di jual emas tanpa surat


    LihatTutupKomentar

    Cari Tempat Jual Beli Berlian Tanpa Sertifikat di Bandung? Ini Dia Tempatnya!

    Cari Tempat Jual Beli Berlian Tanpa Sertifikat di Bandung? Ini Dia Tempatnya! Bagi mereka yang memiliki berlian tanpa surat dan ingin menjua...