Apakah Emas 375 Bisa Luntur ?


    Apakah Emas 375 Bisa Luntur ?
    - Dalam Jual Beli Emas Perhiasan memang ada banyak ragam Model baik itu cincin , kalung , anting, gelang dengan berbagai jenis kadar / kandungan. Jika kita berjalan menyusuri Toko Emas , sering sekali kita disuguhkan dengan jenis perhiasan baik yang sering disebut Emas Muda maupun Emas Tua, Emas Jawa, Emas Jakarta, Emas Sulawesi , Emas Dubai, Emas Sumatera dan banyak frase emas yang ada di pasaran . Apakah Emas 375 Bisa luntur ? 

    Baca Juga : Toko Emas Kontai Purwakarta

    Perbedaan Emas Muda dan Emas Tua

    Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Apakah emas 375 bisa luntur mari kita bahas terlebih dahulu perbedaan emas muda dan emas tua. Pastikan kamu dapat mengetahui apa yang disebut emas muda dan apa yang disebut emas tua. 
    Emas muda sendiri sering disebut orang dengan perhiasan di bawah 15 karat, Kode emas seperti 300 , 375 , 420 , 520 sering disebut orang emas muda. Jika kita perhatikan Kandungan emas yang ada di barang di bawah 50% . 
    Perhiasan yang dicap sebagai emas muda biasanya memiliki kandungan emas yang rendah. Artinya kandungan lain di perhiasan seperti perak, timah, besi, chromium itu lebih banyak berada di perhiasan tersebut .
    Emas tua disebut orang dengan perhiasan di atas 700. Kode emas seperti 750, 800, 850, 875, 916, 24 k adalah kode emas yang sering disebut sebagai emas tua. Kandungan emas yang ada di perhiasan biasanya lebih tinggi daripada logam campuran lainnya.
    Emas mempunyai sifat yang anti korosi, Lunak dan berwarna kuning. Sifat emas yang lunak sering kali membuat perhiasan sulit untuk dibentuk. Apalagi jika perhiasan ada tambahan materi seperti mata gelas, mata batu membuat emas sulit dijadikan  bahan satu satunya karena sifat emas yang lunak membuat mudah terlepas. Kita bayangkan jika Berlian dengan harga yang mahal itu pengikat emas murni dengan sifat yang lunak akan membuat berlian tersebut mudah terlepas.
    Perhiasan dengan kandungan emas yang tinggi akan mudah mengalami kerusakan seperti penyok dan berubah bentuk karena sifat dasar emas yang memang lunak. Secara prinsip sendiri perhiasan jika digunakan setiap hari baik itu anting, kalung , gelang walaupun dengan pemakaian sewajarnya tidak jarang mengalami kerusakan seperti putus, tetapi hal tersebut dapat di bawa ke toko perhiasan. 
    Kamu dapat melihat Cap Tanda (Hall Mark) pada perhiasan. Jika perhiasan tersebut buatan Pabrik HWT, UBS, AYU , BG , Kamu bisa perhatikan di Pengait atau di dalem lingkaran cincin biasanya akan ada kode dari emas Tersebut. Berbeda jika emas tersebut adalah handmade / buatan tangan memang jarang ada kode emas tersebut. 

    Kadar Emas Berdasarkan Karatnya 

    Jumlah Karat Perhiasan         Jumlah Kadar emas
        10 Karat                             35%-43%
        14 Karat                         50,3%-58,7%
        16 Karat                         58,3%-72%
        18 Karat                         72,40%-78,19%
        20 Karat                         82,30%-86,49%
        21 Karat                         86,50%-90,59%
        22 Karat                         90,60%-94,79%
        23 Karat                         94,80%-98,89%
        24 Karat                         99,00%-99,99%

    Berikut daftar kadar emas berdasarkan karatnya . Kenapa Memang kadar emas beragam karena campuran emas dan bahan lain yang memang sering tidak sesuai. Jika kamu sering ke Toko Emas kamu dapat perhatikan jika sering sekali kadar 700 itu disebut kadar 22 . Jadi kamu mulai kenal sebetulanya kadar 22 seharusnya memiliki kandungan 90 % bukan 700. Jika kadar 16 itu memilki kandungan 700 . 
    Emas Jakarta biasanya memilki kandungan 700. 
    Emas Sulawesi dan Emas Sumatera biasanya memilki kandungan 875 , 21 Karat 
    Emas Dubai biasanya memiliki kandungan 875 - 900 , 21 - 22 Karat 

    Walaupun hampir mirip di segi kandungan emas Sulawesi , Dubai dan emas sumatera biasanya memilki model yang berbeda.

    Apakah Emas Muda Bisa Luntur 

    Jadi setelah kita mengetahui kandungan emas , Emas Muda dan Emas tua .Kembali ke pertanyaaan apakah Emas Muda Bisa Luntur. ? 
    Seharusnya untuk emas muda tidak luntur. Kecuali jika emas muda tersebut seperti disepuh atau diberi lapisan putih (chromium) sehingga perhiasan tersebut ke warna aslinya .Biasanya untuk estetika memang banyak perhiasan yang diberi lapisan putih seperti chromium agar tampak lebih menarik. Jadi bukan perhiasannya yang luntur melainkan lapisan putih chromiumnya yang berubah warna.

    Apakah Emas 700 Bisa Luntur ?

    Jadi jika emas 700 , sudah memiliki kandungan emas 70 % . Warna emas yang berwarna kuning itu membuat emas perhiasan tersebut akan didominasi oleh warna kuning. Tetapi Untuk keindahan tidak jarang toko mas, pabrik pembuatan melapis emas perhiasna kode 700 tersebut dengan bahan lain yang berwarna putih seperti perak atau chromium. 
    Di kemudian hari dengan pemakaian yang sering digunakan sering terjadi lapisan berwarna putih tersebut seperti chromium memudar sehingga memunculkan warna asli dari emas 700 tersebut. Sehingga perhiasan tampak berubah warna. Hal ini sering terjadi untuk warna emas favorit seperti berwarna putih ataupun berwarna rose gold. Apakah Hal tersebut mengurangi harga, Kandungan emas nya seharusnya masih  sama jadi emas perhiasan tersebut masih bernilai karena emas yang terkandung di dalamnya .

    Apakah Emas Muda bisa karatan ?

    Emas dengan sifat anti korosi, Tidak bisa karat. Jika kita campur dengan campuran Karat seharusnya Emas masih tetap dengan logam yang sama . Akan berbeda dengan logam lain seperti tembaga, baja, besi dan lain lain yang memang akan korosi. Karat. 
    Kandungan Emas Muda dimana kandungan logam lain itu lebih besar daripada emas nya sehingga jika bahan lain tersebut memang bereaktif akan bisa menimbukan sedikit perubahan warna . terutama untuk emas 300 tetapi tidak banyak ya. Karena masih memiliki kandungan emas seharusnya perhiasan tersebut masih memilki warna yang cerah . Tapi Untuk kandungan Emas 300 atau yang sering disebut Suasa memang dalam waktu tahunan akan ada perubahan warna bersifat kehitaman dikarenakan sifat korosi dari kandungan lain dari emas perhiasan tersebut seperti besi, tembaga. Terutama jika emas perhiasan tersebut sering terkena air atau asam yang memang membuat logam berkorosi. 

    Emas 375 Bisa hitam ?

    Emas 375 sudah memiliki kandungan emas sebesar 375 , untuk perhiasan buatan pabrik jaman sekarang seharusnya emas 375 sudah tidak berubah warna karena sudah ada lapisan yang menahan warnanya .Seperti Chromium. 
    Semakin tinggi kadar emas perhiasan perubahan warna cenderung tidak terlalu berubah , malah tidak berubah sama sekali kecuali misalnya kotor.

    Baca Juga : Harga emas 22 Karat Hari Ini di Manado

    Cara Membersihkan Emas Muda yang menghitam 

    • Pastikan terlebih dahulu apakah emas yang menghitam tersebut dikarenakan kotoran atau memang warna yang berubah hitam .Jika memang perhiasan tersebut kotor karena penggunaan kamu dapat Gunakan Cairan Pembersih Perhiasan , Cairan Pembersih Perhiasan biasanya dapat kita temukan di toko toko emas penjual pembuat perhiasan. untuk Harga sekitar 70 - 150 ribu perliter. Cairan pembersih perhiasan akan efektif digunakan dengan alat pembersih pembersih perhiasan. yang sering kita temui di marketplace. Dapat juga untuk cairan pembersih diganti dengan sabun cuci untuk piring. 
    • Gunakan Pasta gigi, Kamu juga bisa gunakan pasta gigi , disikat tipis tipis , berhati hati jangan sampai sikatan tersebut melepas mata atau merubah bentuk emas perhiasan tersebut. 
    • Gunakan Air Hangat, agar kotoran terlepas gunakan air hangat sehingga kotoran dapat dengan mudah terlepas dari emas perhiasan yang kita miliki 
    • Gunakan Sabun cuci piring dan soda kue, ini bisa membuat kotoran perhiasan terangkat. Caranya mudah tinggal siapkan wadah yang diisi air panas,  tuang soda kue dan sabun cuci piring dengan perbandingan 1: 1 . Rendam sekitar 5 - 10 menit . Angkat dan sikat emas secara perlahan dan sikat agar kotoran terangkat.
    • Jika Perhiasan Emas Tersebut menghitam bukan karena kotor tetapi karena korosi kamu perlu membawa ke toko emas, atau disepuh kembali agar warna kembali cerah.

    Apakah Emas Kadar 375 bisa dijual kembali ?

    Jika kamu memiliki emas perhiasan dengan emas kadar 375 apakah bisa dijual kembali ? Tentu masih bisa . Jika kamu masih memiliki surat kamu bisa datang ke toko mas tempat kamu membeli . Tetapi jika toko mas sudah tidak mau menerima kamu bisa hubungi kami Jualemastanpasurat.com. Layanan jual emas terpercaya. bisa dijemput , menerima berbagai jenis aneka perhiasan, gelang , anting , liontin, kalung yang beraneka kadar dengan aneka jenis . 







    LihatTutupKomentar

    Cari Tempat Jual Beli Berlian Tanpa Sertifikat di Bandung? Ini Dia Tempatnya!

    Cari Tempat Jual Beli Berlian Tanpa Sertifikat di Bandung? Ini Dia Tempatnya! Bagi mereka yang memiliki berlian tanpa surat dan ingin menjua...