Cara agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat

     



    Cara agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak Darurat Pinjol sering kita kenal dengan Pinjaman Online. Pinjaman yang dibuat oleh perusahaan “startup” yang memberikan akses yang lebih mudah dalam memberikan Pinjaman. Namun ketika kita sedang bermasalah tidak jarang Pinjol menghubungi kontak yang ada perangkat kita. Berikut penjelasan Cara agar Pinjol tidak menghubungi kontak Darurat.



    Kebutuhan sebagian orang tentang kebutuhan Dana cepat dengan ketentuan yang mudah, pencairan yang cepat membuat PInjol semakin laris manis . Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Pinjol tentu semakin banyak dan menjamur. Cara Agar Pinjol tidak menghubungi kontak darurat.


    Pinjaman Online Tanpa Agunan

    Pinjaman Online sudah berkembang sejak tahun 2010 tetapi memang berkembang pesat di Tahun 2016. Dulu kita sering mengenal bank keliling dimana, di pedagang pasar bank keliing menjadi tempat pinjam kebutuhan dana. 


    Baca Juga : 30 Mayam Berapa Gram

     

    Pembayarannnya pun beragam ada yang dapat dicicil setiap hari, setiap bulan. Bank Keliling melayani kebutuhan pinjaman dana secara retail. 


    Baca Juga : Cara Menghitung kadar emas 375

     

    Setelah Bank keliling , kemudian Bank konvensional mulai memasuki Pasar Pinjaman Dana dengan skala retail. Ketika pinjaman di Bank tidak jarang proses procedural pinjaman yang cukup berbelit dengan persyaratan dan menggunakan agunan yang cukup ribet hingga muncul dengan yang kita


    Proses Pencairan Pinjaman online memang sangat mudah dan sangat cepat. Pinjaman online tanpa menyertakan suatu agunan dan persyaratan dokumen yang ribet membuat aplikasi pinjaman online mempunyai daya pikat yang tinggi terutama buat Masyarakat yang sangat membutuhkan.


    Pinjaman online tentu juga harus terdaftar di OJK (Otoritas Jasa keuangan) membuat Pinjaman Online tidak dapat berbuat seenaknya dan banyak ketentuan dan aturan yang harus diikuti di regulasi OJK.


    Tetapi juga kamu perlu berhati hati karena banyak juga Pinjaman Online yang belum terdaftar dan diawasi oleh OJK yang membuat prosesnya terkadang diluar dari ketentuan dan aturan yang berlaku. Ada baiknya kalau kamu cek dan ricek terlebih dahulu pinjaman online yang ingin kamu gunakan jangan sampai kamu terjerat dengan hutang yang justru lebih besar. 

    Baca Juga : Harga emas 22 karat hari ini di Makassar

     

    Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

    Aplikasi Pinjol sering menerapkan kebijakan yang kadang tidak sesuai dengan ketentuan dan bahkan menjual data yang kita miliki. Seperti akses no Hp. Proses pinjaman yang cepat , bunga yang tinggi, potongan yang tinggi dapat membuat peminjam harus membayar lebih jauh lebih tinggi apalagi pembayaran lewat dari tempo yang ditentukan

    Kemudian bagaimana cara agar kita dapat melakukan transaksi tanpa perlu kuatir

    • Tolak Akses Kontak, biasanya ketika kita menginstall Pinjol , aplikasi tersebut akan meminta akses untuk ke daftar nomor hp yang kita miliki. Pinjol Ilegal bahkan akan meminta informasi yang lebih bersifat pribadi Mikrofon, Kamera, Lokasi/ GPS. Pemblokiran dapat dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol tersebut di menu setting
    • Tepati Pembayaran di Waktu jatuh Temponya. Jika kamu tidak melakukan wanprestasi , sebisanya data kamu tidak tersebar ke pihak lain. Karena jika pembayaran kamu tertunda bahkan lebih dari waktu seharusnya . missal 6 bulan – 12 bulan . Kemungkinan data kamu bisa diberikan ke pihak ketiga lainnya yang membuat data semakin tersebar ke pihak lain
    • Laporkan Pinjol Ilegal ke Pihak Berwenang . Jika ternyata setelah kamu periksa ternyata aplikasi pinjaman online yang kamu gunakan itu tidak terdaftar di OJK , kamu dapat melaporkannya ke pihak berwenang apabila kamu mengalami perlakuan-perlakuan di luar ketentuan. Misalnya seluruh nomor hp di kontak kamu dihubungi oleh Pinjol karena belum melakukan pembayaran.
    • Hindari Konten Promosi PInjol Ilegal. Seringkali jika kita mengakses youtube atau social media . Ada penawaran dari Pinjol terutama yang illegal dan akan terus muncul. Jika perlu konten yang ditawarkan di report agar tidak muncul ke pengguna lain.
    • Ketahui Informasi Finansial dan literasi Keuangan, update terus perihal daftar Pinjol illegal dan yang legal, informasi tentang pinjol terbaru. Perbanyak literasi keuangan dapat dengan mendengar informasi di Internet, youtube , meningkatkan kemampuan berpikir kritis tentang aplikasi pinjol yang legal dan illegal.



    Resiko Pinjol

    Pinjol memiliki bunga yang Tinggi dan tenor yang lebih sedikit. Resiko Terjerat hutang yang besar dan tak mampu melunasinya.  Resiko Pinjol

    • Masuk SLIK OJK , sama seperti BI Checking, KTP , KK, NPWP dengan data data lengkap sudah diminta oleh pinjol di awal. Jika tidak mampu melunasi pembayaran maka data kamu akan masuk ke daftar hitam layanan pinjaman yang berakibat nama kamu diblacklist dan tidak dapat melakukan pinjaman di tempat lain.
    • Bunga dan denda yang terus terakumulasi . bila kamu terus menunda melakukan pembayaran efek yang akan dihadapi adalah Bunga dan denda yang terus bertambah sehingga bisa membayar lebih dari pokok yang seharusnya kamu bayarkan.
    • Debt Collector. Ketika kamu terlambat melakukan pembayaran apalagi dengan jangka waktu yang cukup lama. Maka kamu harus bersiap untuk ditelepon oleh debt collector. Tidak jarang dihubungi dengan kata2 makian yang tidak sedap untuk didengar. Bahkan dari debt collector tidak jarang mendatangi rumah dari pihak yang menunggak pembayaran
    • Tersebarnya data pribadi. Kebocoran kontak. Tidak jarang keluarga kamu, teman, rekan kerja akan dihubungi ketika kamu bermasalah dengan pembayaran. Karena itu berhati hatilah.

    Cara Agar Pinjol Tidak Menghubungi Kontak

    Kebocoran data dapat diambil dari Data di Handphone kamu . Ketika kamu telah menginstall aplikasi pinjol tidak jarang kamu memberikan hak akses kepada Aplikasi untuk mengambil data data seperti Lokasi, Kamera , Nomor Handphone , Nomor Kontak. Cara mudah agar pinjol tidak menghubungi kontak sebagai berikut :

    • Hapus data , data dari aplikasi Pinjol dapat kamu hapus. Caranya masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi – cari aplikasi PInjol yang kamu gunakan – Kemudian hapus data dan cache. Dengan demikian data Aplikasi Pinjol yang kamu gunakan akan terhapus dan aplikasi seperti awal waktu pertama kali digunakan.
    • Hapus Aplikasi , Jika memang tidak dapat dihapus datanya, kamu juga dapat menghapus aplikasi Pinjol . caranya mudah tinggal masuk ke menu pengaturan – aplikasi – hapus aplikasi / uninstall
    • Ganti Nomor Sim Card, jika kamu mengganti nomor kamu otomatis kamu mesti memulai baru kembali. Karena Orang lama yang kamu kenal sudah menyimpan nomor yang lama. Cara ini tidak terlalu direkomendasikan. Lebih baik kamu hubungi call center.
    • Hubungi Call Center Pinjol. Tanyakan kapan jatuh tempo dan berapa kekurangan pembayaran.  Lunasi pembayaran kamu dan selesaikan tagihannya. Jika kamu tidak dapat melunasi dalam waktu dekat kamu dapat meminta restrukturisasi. Kapan kamu dapat melakukan pembayaran. Jika kamu sudah melakukan restrukturisasi pastikan  kamu membayarnya tepat waktu.
    • Hubungi Otoritas Jasa Keuangan. Jika kamu dapat memastikan kamu sudah melakukan pembayaran tetapi masih terus dilakukan pembayaran. Kamu tidak merasa melakukan pinjaman online kamu dapat hubungi call center dari OJK.

    Website OJK di www.ojk.go.id

    WhatsApp resmi OJK 081-157-157-157

    Email di waspadainvestasi@ojk.go.id

    Kontak resmi OJK di nomor 157

    Cara agar Pinjol tidak menghubungi kontak mudah dilakukan. Tapi kamu tetap harus mengingat tanggung jawab. Pastikan kamu sudah melunasi hutangnya dan beban hutangnya.

    Lari dari tanggungjawab dengan meminjam uang tanpa mengembalikan bukan hal yang benar dan menyalahi aturan. Buat kamu yang sedang butuh dana tambahan dan memiliki emas perhiasan, kamu bisa jual emas, jual emas antam, jual emas tanpa surat di jualemastanpasurat.com

     

     

    LihatTutupKomentar

    Cari Tempat Jual Beli Berlian Tanpa Sertifikat di Bandung? Ini Dia Tempatnya!

    Cari Tempat Jual Beli Berlian Tanpa Sertifikat di Bandung? Ini Dia Tempatnya! Bagi mereka yang memiliki berlian tanpa surat dan ingin menjua...