Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal

    Cara Kabur Dari Pinjaman Online Ilegal - Kebutuhan dana cepat di masyarakat memang sangat tinggi dan tidak dapat dihindari. Dana dibutuhkan baik untuk keadaan Darurat atau kondisi untuk keperluan produktif seperti Modal, perputaran uang dan lain lain. Tanpa berpikir lebih jauh terkadang kita mengambil jalan seperti mengambil pinjaman online ilegal dengan resiko yang tejebak di dalam hutang tersebut. Bagaimana cara kabur dari pinjaman online ilegal. 

    Baca Juga : Rumus Asset Turnover

    Kita bisa lari dari masalah tersebut , secara kenyataan kita bisa bersembunyi dari jeratan hutang tersebut. Tetapi kita juga harus siap menanggung resikonya.

    Resiko Kabur dari Pinjaman Online Ilegal

    OJK mengatakan jika kita menemukan pinjaman online yang tidak berizin bisa segera dilaporkan ke pihak berwajib. Tetapi terkadang selalu ada konsekuensi apabila kita tidak melakukan pembayaran. Resiko bila nasabah tak mau membayar hutang kepada pinjaman online ilegal :

    • Bunga dan Denda yang terakumulasi. Pada dasar nya Pinjol sendiri terkadang memberikan margin yang sudah cukup besar. Biasanya ketika awal pencairan.  Margin yang didapatkan biasanya dari biaya admin, biaya provisi dan biaya biaya lainnya. Nah jika kamu melakukan wanprestasi tidak melakukan pembayaran di waktu yang seharusnya biasanya kamu akan dikenakan Denda dan Bunga yang sangat besar . Bahkan jika kita biarkan akan berlipat2 dari pinjaman awal ketika kita melakukan pencairan.S
      • Sebagai contoh jika nasabah berhutang uang sebesar Rp 1.000.000 ,- ketika awal pencairan biasanya yang diterima hanya sebesar Rp 700.000,- - Rp 800.000 karena dikenakan biaya provisi.
      • Jika Nasabah terlambat melunasi hingga 3 bulan berturut turut maka tagihan bisa membengkak sebesar Rp 3.000.000,- atau bahkan lebih besar lagi. Hal tersebutlah karakteristik dari pinjaman online ilegal. Peraturan Pinjol Legal yang tergabung di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) sudah menentukan jika biaya pinjaman paling banyak sesudah 90 hari yaitu 100 % dari pokok hutang
    • Debt Collector yang menebar terror. Pihak penagih hutang sering berbuat sewenang wenang dengan mengeluarkan cacian dan makian ke individu peminjam tidak jarang juga mengancam ke keluarga , teman, nomor yang terdaftar di kontak hp sebagai jaminan agar peminjam melakukan pembayaran. 
      • Debt collector memiliki banyak cara untuk menagih. Pada Awalnya mereka akan menghubungi ke nomor Hp baik melalui telepon ataupun Wa. 
      • Tetapi jika belum ada pembayaran maka debt collector akan mulai mengancam. setelah beberapa lama tidak kunjung dilakukan pembayaran tidak jarang Debt Collector mulai mengancam dan mulai melakukan Kata kata makian. 
      • Debt collector tidak jarang menghubungi nomor kontak yang ada di hp nasabah yang tercatat baik relasi seperti teman , keluarga yang akan disebarkan jika nasabah tidak melakukan pembayaran
      • Tahap berikutnya jika tidak ada pembayaran dari nasabah maka debt collector akan mendatangi ke alamat rumah yang tercatat . 
      • Pihak penagih tidak jarang juga akan menyita aset apabila masih belum ada pembayaran.
      • Mengancam melaporkan ke kepolisian. Walaupun tidak terdaftar di OJK, tidak jarang debt collector sering mengancam untuk melaporkan ke kepolisian. Memang itu sifatnya seperti ancaman. Karena jika secara legal maka seharusnya Pinjol Ilegal tersebut yang akan ditutup. Tetapi hal tersebut terkadang membuat pihak peminjam menjadi takut dan tidak tenang. Karena posisi waktu itu di tempat yang salah. Pinjaman online ilegal juga kerap menawarkan restrukturisasi , walaupun demikian denda dan bunga biasanya akan dikenakan sangat tinggi. 
    • Penyalahgunaan data. Pinjol ilegal tidak segan untuk menyebarluaskan data apalagi dalam status tidak melakukan pembayaran. Penyebaran data pribadi dan rentan mengalami pelecehan.untuk kepentingan penagihan.
    • Nama baik tercemar . Penyebaran data dan pengumuman tunggakan dana ke berbagai pihak dari teman, saudara, rekan kerja, kantor sehingga dapat membuat nasabah sebagai karyawan bahkan dikeluarkan dari kantor. 

    Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal 

    Cara kabur dari Pinjaman Online Legal. Dengan resiko demikian besar dengan melakukan pinjaman online ilegal. Memang perlu dipahami resiko untuk kabur dari pinjaman online ilegal. 
    • Hapus Aplikasi Pinjaman Online Ilegal , jika kamu masih memiliki aplikasi pinjaman online alangkah baiknya jika dilakukan penghapusan aplikasi agar data tidak terus terkumpul. biasanya masuk ke menu pengaturan aplikasi kemudian hapus aplilkasi. 
    • Blokir Nomor Hp yang diketahui sebagai Debt Collector , salah satu cara adalah memblokir nomor hp yang sering digunakan debt collector untuk menghubungi telepon. namun cara demikian tidak berarti debt collector akan merubah menggunakan nomor lain.
    • Blokir Otomatis Whatsapp nomor whatsapp yang tidak dikenal. Cara Blokir Otomatis Nomor TidakDikenal di WhatsAppCara blokir otomatis nomor tidak dikenal di WhatsApp adalah buka aplikasinya dan klik menu Pengaturan. Kemudian, kamu tinggal pilih kontak yang diblokir.

      • Buka Aplikasi WhatsApp dan Pengaturan
      • Buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik Menu> Pengaturan> Akun> Privasi> Kontak yang diblokir. Tap menu Add (atau Tambahkan). Cari atau pilih kontak yang ingin kamu blokir di daftar kontak di WhatsApp.
      • Blokir Kontak Satu per Satu Selain itu, kamu juga bisa memblokir kontak satu per satu di bawah ini:
        • Buka obrolan dengan kontak, lalu tap Menu> Lainnya> Blokir> Block.
        • Buka obrolan dengan kontak, lalu tap nama kontak> Blokir> Block
    • Pindah rumah , jalan ini bisa ditempuh jika rumah yang kamu miliki masih kontrakan. Pindah rumah memang perlu pertimbangan yang matang. Karena jika pindah rumah usahakan tempat tinggal baru itu cukup jauh dari rumah kerabat atau teman. Biasanya pihak debt collector akan mendatangi rumah dari kerabat atau teman sehingga membuat persoalan semakin pelik. Pinjol ilegal memang tidak masuk ke dalam pengawasan OJK. sehingga jika kita tidak melunasi pinjaman maka tidak akan masuk ke list BI Checking. atau SLIK OJK.
    • Ajukan Permohonan keringanan atau restrukturisasi. daripada kamu kabur dan tidak menyelesaikan masalah ada baiknya kamu hadapi dan minta keringanan dan restrukturisasi pinjaman.Agar kamu dapat menyelesaikan sedikit demi sedikit masalah pembayaran. Begitu berhasil melunasi utang di pinjaman online ilegal maka lebih baik tidak melakukan pinjamannya lagi karena dapat menghadapi masalah yang lebih serius
    • Tunggu hingga sudah tidak menagih. biasanya kalau sudah lebih dari 15 bulan data akan masuk ke pihak ke 3.dan penagihan sudah mulai dengan intensitas yang jarang. Pinjol akan lebih melakukan penagihan kepada nasabah yang mungkin melunasi. Jika kamu mau lari dari pinjaman online pastikan pihak penagih tidak menghubungi ke tempat kerja anda. sehingga tidak merusak nama baik anda. 
    • Kamu dapat membuat laporan ke kepolisian. Jika Pinjaman Online ilegal memang sangat sewenang wenang dan sudah tidak dapat ditolerir kamu dapat membuat laporan ke kepolisian atas laporan pencemaran nama baik. karena Pinjaman Online tersebut ilegal. 
    Untuk menghadapi Debt Collector kamu tidak perlu takut begini caranya :
    • Tanyakan Identitas, hadapi debt collector dengan sopan dan kepala dingin. Tanyakan identitas baik kartu pengenal , surat perintah penagihan, dengan kontak pemberi tanggung jawab
    • Minta menunjukkan kartu sertifikat profesi. alangkah baiknya jika kamu memiliki kamera, kamu foto dokumen2 tersebut.
    • Jelaskan alasan keterlambatan yang baik. Nasabah harus menjelaskan alasan kenapa menunggak pembayaran. Jika kamu berbohong hindari alasan seperti keluarga masuk rumah sakit, lagi ke luar negeri karena hal hal tersebut sudah sering digunakan orang lain. alangkah baiknya kamu menyertakan dokumen yang membuktikan jika memang benar keluarga kamu sakit.
    • Tanyakan Surat kuasa penagihan jika ada penyitaan barang. Surat kuasa adalah bukti barang sitaan imbas penunggakan pembayaran. 
    • Penyitaan disertai sertifikat jaminan fidusia. sertifikat jaminan fidusia perlu ditunjukan oleh debt collector ketika hendak melakukan penyitaan. jika Debt collector tidak dapat menunjukannya maka kamu dapat menolak penyitaan tersebut.

    Saran sebelum memilih Pinjaman Online 

    - Pahami Kebijakan OJK Soal Metode Penagihan

    Sebelum kita melakukan pinjaman danan tunai ke pinjaman Online Sebaiknya memahami lebih dulu mengenai kebijakan atau regulasi OJK mengenai metode penagihan. Hanya pinjol ilegal dan tidak terdaftar yang melakukan penagihan dengan cara kekerasan, premanisme serta ancaman.

    Layanan pinjol juga tidak lagi melakukan penagihan saat nasabah tidak membayar setelah 90 hari jatuh tempo. Ini aturan yang telah diterbitkan oleh OJK.

    Untuk Pinjaman Online yang legal Jika tak kunjung membayar setelah itu akan ada konsekuensi bagi nasabah. Yakni akan dilaporkan dan masuk dalam daftar hitam, dengan begitu tidak bisa mengajukan pinjaman lagi di masa depan untuk perbankan atau P2P lending.

    - Jeli dan Waspada Memilih Layanan Pinjol

    Perlu diingat untuk memilih layanan pinjol yang terpercaya dan terdaftar OJK. Metode penagihan yang dilakukan tidak akan membuat hidup menjadi tak nyaman.

    Selain itu juga harus melakukan peminjaman yang bijak dan tujuan jelas. Dengan begitu tidak akan mengalami risiko menunggak cicilan hingga kredit macet.

    Mengapa Pinjol Diminati 

    Kekerasan fisik dan verbal tidak lepas dari Pinjol Ilegal, namun hal tersebut tidak membuat sedikit orang yang tetap memilih melakukan pinjaman dana. Kebutuhan dana yang cepat, syarat yang mudah ,pencairan yang cepat memang menjadi daya tarik tersendiri.
    Banyak kasus para peminjam pinjol yang berakibat fatal, Besar nya bunga yang tinggi, denda yang fantastis, biaya potongan seperti fidusia, provisi dan lain lain sehinga bunga bahkan bisa berkali kali lipat dari pinjaman di awal. 
    Berbeda dengan Pinjaman Online yang resmi lebih memerlukan waktu pencairan yang cukup lama. Proses pencairan diikuti dengan syarat yang cukup ketat karena melewati proses BI Checking , SLIK OJK sehingga membuat beberapa orang cukup nekat tetap melakukan pinjaman di Pinjol ilegal. Kabur bukan merupakan langkah yang baik, tetapi jika kamu sudah berurusan dengan Pinjaman Online ilegal dengan kekerasan fisik dan verbal alangkah baiknya kamu melaporkan ke pihak yang terkait. 

    Cara kabur dari Pinjaman Online Ilegal, Buat kamu yang mau butuh dana cepat, dan memiliki emas perhiasan, Emas antam, emas tanpa surat kamu bisa hubungi kami di jualemastanpasurat.com


    LihatTutupKomentar

    Harga Emas Gunung Kawi Pangkalpinang Hari Ini

    Harga Emas Gunung Kawi Pangkalpinang Hari Ini - Pangkalpinang adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Berada di kepulau...